Hasilkan Uang Dari Short Link

Rumah Ramah Lingkungan Ini Berdinding Tumpukan Koran Bekas

Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Massachusetts, Amerika Serikat, luangkan waktu untuk datang ke Pigeon Hill Street. Di jalan ini, Anda akan menemukan bangunan yang terbuat dari koran. Dari namanya saja bangunan ini sudah dinamakan “Paper House“ Selintas, bangunan yang menyerupai rumah ini tak jauh berbeda dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Tetapi bila diperhatikan dengan seksama, tumpukan koran diatur sedemikian rupa menjadi sebuah rumah.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Rumah kertas ini dibangun pada 1922 ketika seorang insinyur mekanik, Elis Stenman, mulai membangun rumah demam info panas kecil di tempat tersebut. Pembangunannya pun sama ibarat rumah lainnya. Dihiasi dengan bingkai kayu, atap, lantai yang sama pada umumnya, yang membedakan justru terletak di dinding. Stenman mempunyai pandangan baru abstrak saat mengonsep koran bekas ditumpuk dan direkatkan sampai satu inci tebalnya. Kemudian ia menawarkan lapisan pernis sehingga terlihat mengkilap.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Tak hanya dinding yang dibuat dari tumpukan koran dan kertas bekas, Stenman juga membuat kursi, meja, rak buku bahkan tirai, dan jam dinding. Hanya piano yang terbuat dari kayu meski tetap dilapisi dengan kertas sobekan majalah untuk membuatnya menjadi unik. Tidak ada yang tahu niscaya apa motivasi Stenman membuat rumah dari kertas koran bekas tersebut, yang terperinci bangunan ini jadi ilham yang sangat baik untuk menggunakan materi ramah lingkungan yang ada. Dalam waktu dua tahun, Stenman berhasil menyelesaikan rumah tersebut dan menghuninya hingga tahun 1930.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Setelah hampir sembilan puluh tahun, lapisan atas dinding perlahan mulai mengelupas. Menampilkan goresan pena di masa lalu yang membuat pengunjung merasa bahagia untuk membacanya. Setelah kematian Stenman di tahun 1942, rumah itu menjadi museum hingga saat ini.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Anak cucu Stenman berspekulasi kalau ia mencoba teknik daur ulang untuk mengakali kesulitan ekonomi di zaman depresi. Bahkan lem yang ia gunakan terbuat dari adonan tepung, air, dan apel.

Paper House, Massachusetts, Amerika Serikat. By Flickr

Keseluruhan rumah, termasuk furnitur yang juga dibuat dari kertas ia selesaikan selama dua puluh tahun. Untuk melakukannya, Stenman telah menghabiskan lebih dari 100.000 eksemplar surat kabar. Rumah ini masih berdiri tegak puluhan tahun setelah dibangun. Lapisan pernisnya sudah memudar, menciptakan lembaran koran di bawahnya terkelupas. Tetapi justru itu yang mengakibatkan Paper House menarik. Sebab kita jadi mampu membaca iklan-iklan vintage, hiburan tersendiri bagi para pengunjung Paper House.

Ini yaitu salah satu pandangan baru yang sangat manis untuk mendaur ulang tumpukan koran bekas yang menumpuk bertahun-tahun di rumah anda, bagaimana apakah anda tertarik membuat hal yang sama pada rumah Anda?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Ramah Lingkungan Ini Berdinding Tumpukan Koran Bekas"

Post a Comment